Rabu, 21 November 2007

Polygamy isn't a crime

Hari ini saya melihat baju yang bertuliskan 'Polygamy is a crime', hal ini membuat saya berfikir apakah memang poligami itu memang sebuah tindak kriminal?? Dan apakah poligami itu melenceng dari prinsip manusia sebagai manusia??

Sebagai pria dan mahluk ekonomi saya berfikir apakah kedua fungsi ini bisa digabungkan. sebagai pria saya tentu membutuhkan kasih sayang dari lawan jenis, dan sebagai mahluk ekonomi saya akan memilih titik dimana saya selalu better off. Ternyata menurut pengamatan saya, dapat terbukti bahwa kedua fungsi ini dapat digabungkan dan memberikan kata 'rasional' pada poligami atau playboy.

Dalam ekonomi kita mengenal 10prinsip dasar ekonomi, dan salah satunya adalah more is better. yang artinya manusia akan selalu better off jika mendapatkan kualitas barang yang semakin bertambah. Jika kita mengasumsikan wanita or kasih sayang wanita sebagai barang X, maka semakin banyak wanita yang kita miliki or menyayangi kita maka pria akan selalu better off.

Dengan pernyataan se'simple 10 prinsip ekonomi saja kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa its rational that man do polygamy or being a playboy. So let the man be a man

2 komentar:

Zahra mengatakan...

hmmm...manusia itu termasuk cewek juga kan? berarti poliandri juga boleh dong kalo make asumsi prinsip ekonomi yang itu doang?

u1 mengatakan...

ya klo cewe bisa dikategorikan manusia berarti hukum ini juga berlaku untuk cewe (jika tidak memandang masalah agama)..

jadi sebagai manusia, kita tidak perlu melarang2 poli2, karena itu basic insting dari mahluk ekonomi..