Rabu, 21 November 2007

Portofolior VS Focuser

Beberapa teman saya memiliki kesulitan dalam mendapatkan pasangan. Dan hal ini membuat saya berfikir apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Dalam kasus ini saya mengasumsikan pria yang mencari pasangan ke dalam 2 jenis, yaitu portofolior dan focuser, klo ga suka istilahnya harap maklum.

portofolior : adalah pria yang mendekati wanita lebih dari 1 orang. tipe seperti ini adalah orang yang risk-averse, prinsipnya adalah " don't put all ur egg at one basket". Jadi kalo ditolak ngak sakit2 banget karena dia ngerasa ada cadangan.

Focuser : adalah pria yang sok2 romantis yang mendekati wanita hanya 1 saja. Dapat dibilang pria seperti ini adalah risk lover.

Kebanyakan teman saya adalah focuser dan ada beberapa yang portofolior. Dan walaupun saya sudah punya 2 tipe kelinci percobaan seperti ini tetapi kedua tipe tersebut masih belum mendapatkan pasangan, sehingga menimbulkan pertanyaan 'apa masalahnya??'

Untuk tipe Portofolior masalahnya adalah mereka tidak focus terhadap satu goal, dan menginginkan semua goalnya itu ada pada level yang sama, agar tidak ada yang prefer than other. tetapi resource yang mereka miliki terbatas, ex: materi, time, dll. Sehingga progress pun akan melambat, dan feel dari wanita itu akan segera berkurang atau hilang. bayangkan saja perusahaan yang hanya memiliki satu pabrik yang hanya dapat memproduksi barang X saja atau Y saja, kalau resorcenya dipakai bergantian untuk membuat barang X dan Y, consumer keburu kabur ke barang subtitusi. Jadi masalah anda sudah jelas, focus and focus.

Untuk tipe Focuser masalahnya adalah mereka terlalu focus pada goal tanpa melihat resource yang mereka miliki. Angaplah sebagai punuk yang merindukan rembulan or budget line yang ga nyentuh IC(indiferent curve). Ada juga yang resourcenya bisa mengcover goal tapi ga ada usaha buat memakai resource tersebut, ini bisa dibilang 'ngarep'. Jadi jelas masalah dari Focuser adalah inefisiensi dalam penggunaan resources.

Biar sudah tahu masalahnya seperti ini, mengapa saya tidak dapat juga yah...aneh..^^

3 komentar:

Fik mengatakan...

Kenapa gw juga gak dapet2 ya? Sial. (numpang curhat)

ronsi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ronsi mengatakan...

gmn mo dapat lo..menurut gw,seseorang yang mendekati pasangannya, sebaiknya jangan langsung menhabiskan seluruh faktor2 utilitas/produksi yang dipunyai,agar tidak bosan dan langsung memikirkan barang substitusi, bisa aja focus, bisa juga p'folier, itu alamiah, tp mengefisienkan untuk mencapai utilitas/profit yang optimal,makanya gw dapet..dan belum bosan karena belom memaksimalkan faktor2 produksi, hehehe